Sunday, March 28, 2010

Cara Memasang Meta Tags

Seperti yang kita ketahui bersama, kegunaan Meta Tag adalah untuk mendongkrak posisi website / blog kita pada sebuah search engine semacam Google ataupun Yahoo. Tag Meta juga dapat diartikan sebagai identitas dari sebuah website / blog. Dengan adanya tag meta ini akan memudahkan search engine untuk mengidentifikasi website / blog kita. Jadi, tidak ada salahnya kalau kita juga memasang Tag Meta di dalam website / blog kita.

Pertama tama kita perlu mengenal macam2 jenis dari Tag Meta, dalam hal ini saya jelaskan yang saya pasang di blog saya ini saja ya..

1. Tag Title
Yang pertama adalah Tag title, Bentuknya adalah <title>Bisnis Online | Make Money Online</title>. Gunanya adalah untuk mendeskripsikan judul dari blog Anda.

2. Tag Description
Meta Description digunakan untuk mendeskripsikan / menjabarkan isi dari blog Anda. contohnya :
<meta content="belajar GRATIS berbisnis online | cara cari duit di internet.. Panduan moneytize blog, bikin blog jadi mesin uang bukan urusan yang sulit disini.. Dapatkan selalu postingan yang up to date tentang segala hal mengenai bisnis online (moneytize blog) dan perkembangannya.." name="description">

3. Tag Keyword
Meta Keyword digunakan untuk mendefinisikan keyword (kata kunci) yang mewakili isi website / blog kita dalam pencarian search engine. Contohnya :
<meta content="bisnis online, bisnis internet, internet bisnis, cari duit di internet, free download, make money online, pasang iklan, kerja dari rumah, ngeblog dapet duit, blogger, Web, adsense, HTML, SEO, kumpulblogger, Kolom Tutorial, Moneytize, Edit Blog, paypal, Affiliasi, internet marketing, advertising program, paid to review, domain parking, pay per click, pay to click" name="keywords">.

4. Robots
Meta Robots, untuk mengijinkan robot spiders milik search engine menjelajahi halaman website / blog kita. Sebaiknya anda menggunakan yang ini, karena robot cukup berperan dalam proses pengindexan halaman oleh search engine. Bentuknya <meta content="INDEX, FOLLOW" name="ROBOTS">. Anda dapat mengganti nilai nya dengan FOLLOW (memperbolehkan robot) atau NO_FOLLOW (tidak mengijinkan).

Sebenarnya masih ada beberapa Meta Tag lainnya yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan website / blog kita, antara lain :

<meta content="Global" name="distribution"> --> Distribusi blog Anda
<meta content="Business" name="rating"> --> Kategori blod Anda
<meta content="Selera Kita" name="author"> --> Nama Anda sebagai pemilik blog
<meta content="Indonesia" name="language"> --> Bahasa yang digunakan dalam blog
<meta content="Public" name="doc-type"> --> Type dokumen, publik atau private

Ok, lalu bagaimana cara menempatkannya di blog Anda?

Tag Meta biasanya diletakkan di awal blog, atau lebih tepatnya sesudah tag <head>

Untuk pengguna blogger, tinggal buka EDIT HTML, lalu cari tag <head> dan letakan tag Meta anda tepat dibawahnya.

Selamat mencoba kawan..


0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Selera Kita